Monday, February 11, 2019

Sejarah singkat dan makna Logo Gereja Toraja

gerej

 Gereja Toraja adala sebuah gereja suku yang sangat berkembang pesat dalam Indonesia khususnya di pulai Celebes. Gereja Toraja memiliki logo yang tetap. Loo tersebut memiliki makna dan arti bagi gereja Toraja dalam melayankan tugas dan panggilannya dalam berkarya di dunia ini. berikut ini merupakan beberapa makna dan arti logo Gereja Toraja serta sejarah singkat mengenai Gereja Toraja:
      
GEREJA TORAJA adalah hasil kegiatan pekabaran injil misionaris Perhimpunan Pekabaran Injil Gereformeerd (Gereformeerde Zendingsbond-
GZB). Pdt. A.A. van de Loosdrecht menjadi misionaris pertama yang tiba di Rantepao pada 7 November 1913. Namun, tragis kehidupannya karena Ia terbunuh
di tempat itu. Injil berkembang pesat hingga tahun 1938 telah terdapat 14.000 orang Kristen dari 300.000 penduduk Toraja . Pada 25 Maret 1947, jemaat-jemaat sepakat
membentuk suatu organisasi gereja yang bernama Gereja Toraja dalam sidang Majelis Am yang pertama di Rantepao. Gereja ini menjadi anggota PGI pada tahun 1950. Misi Gereja Toraja adalah bersekutu, bersaksi, dan melayani yang dijabarkan dalam berbagai bentuk pelayanan gerejawi. Gereja ini berbentuk PresbiterialSinoda yang berarti pengaturan tata hidup dan pelayana gereja yang dilaksanakan oleh para presbiteroi(penatua, pendeta, dan diaken) dalam suatu jemaat dengan keterikatan dan ketaataan dalam lingkup yang lebih luas(klasis dan sinode).
Pada masa pemberontakan DI/TII Kahar Muzakar , banyak anggota jemaat Gereja Toraja yang terbunuh. Menurut data Tahun 2000, anggota jemaatnya sebanyak 375.000 orang. Kantor Pusat Gereja Toraja terletak di Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Gereja Toraja juga tersebar di luar Toraja, seperti Makassar, Palu, Surabaya, Jakarta, dan kota lainnya.

       Penjelasan Logo Gereja Toraja Logo Gereja Toraja dengan Ayat 1 Kor.3:11 merupakan dasar perkembangan Gereja Toraja dimana Alkitab dan Yesus adalah Pedoman Tunggal didalam Perkembangan dan Pelayanan Gereja Toraja.
 


LOGO GEREJA TORAJA


Makna dari logo Gereja Toraja :
LOGO GEREJA TORAJA.png
  1. Rumah Toraja melambangkan konteks budaya Toraja tempat Gereja Toraja lahir dan tumbuh;
  2. Salib melambangkan kasih dan pengorbanan Tuhan Yesus Kristus yang di atasnya Gereja Toraja dibangun, berdiri dan bertumbuh sesuai dengan 1 Korintus 3 : 11.
  3. Alkitab, Firman Allah, melambangkan dasar persekutuan, pelayanan dan kesaksian Gereja Toraja.
  4. Tiga susun gelombang melambangkan tri panggilan Gereja Toraja yang dilaksanakan dalam dunia yang penuh tantangan dan peluang.
  5. Lingkaran dalam melambangkan konteks Indonesia tempat Gereja Toraja melaksanakan pembinaan warga gereja. Lingkaran luar melambangkan konteks dunia tempat Gereja Toraja menyatakan tugas panggilannya.
Sumber : Tata Gereja dan Peraturan-peraturan Khusus Gereja Toraja – Edisi 1 – Badan Pekerja Sinode – dicetak oleh PT. SULO
 

0 komentar:

Post a Comment