Friday, July 7, 2023

Torakusu Yamaha

Biografiku.com – Torakusu Yamaha merupakan pendiri perusahaan besar Yamaha Corporation sebuah perusahaan yang menawarkan berbagai produk dan jasa terutama dibidang alat musik dan elektronik serta otomotif.
Pendirinya yaitu Torakusu Yamaha lahir pada tanggal 20 April 1851 di Kishu Tokugawa yang saat ini bernama Prefektur Wakayama. Beliau meninggal di usia 65 tahun.
Awalnya Torakusu Yamaha mendirikan perusahaan untuk menghasilkan produk alat musik organ pada tahun 1887. Beliau juga dikenal sebagai orang yang sangat menyukai teknologi dan ilmu pengetahuan dari barat.
Awal mula bisnisnya muncul ketika ia sangat menyukai jam tangan saat berada di osaka, sehingga ia kemudian belajar cara pembuatan jam tangan dan juga belajar berbisnis di pinggir jalan wilayah Osaka.
Karena keterampilannya dalam mereparasi jam tangan, Torakusu Yamaha kemudian dipanggil ke rumah sakit yang berada di Hamamatsu, prefektur Shizuoka untuk memperbaiki peralatan medis disana.
Di satu kesempatan, pihak rumah sakit bertanya apakah Torakusu Yamaha dapat memperbaiki organ (alat musik) yang rusak ketika itu. Ia kemudian mencoba memperbaikinya dan berhasil, peristiwa ini kemudian menandai langkah pertama Torakusu Yamaha menuju kepada lahirnya merek Yamaha.
Melihat potensi bisnis dari alat musik organ, Torakusu Yamaha menciptakan cetak biru bagian dalam alat musik organ, kemudian ia berhasil menciptakan prototype dari alat musik organ yang ia buat sendiri.
Meskipun begitu, organ (alat musik) ciptaan Torakusu Yamaha banyak mendapat kritikan karena kualitas suara yang buruk. Melihat hal tersebut, selama empat bulan Torakusu Yamaha kemudian belajar teori musik dan teknik penyetelan suara (Stem/Tuning) pada alat musik organ buatannya.
Hingga akhirnya usahanya tidak sia-sia dan alat musik organ buatannya kemudian diterima oleh masyarakat, menjadikan perusahaan Yamaha yang didirikan pada tahun 1897 yang kala itu bernama Nippon Gakki Company  mulai dikenal sebagai perusahaan pembuat alat musik organ di Jepang.

0 komentar:

Post a Comment